Monday 26 August 2019

Idul Adha 1440 H Ponpes Modern Nurul Fitri


  

Idhul Adha adalah salah satu hari raya besar umat Islam. Idhul Adha ditandai dalam perjalanan syariat Islam melalui ibadah qurbannya.  Allah SWT menguji kecintaan Nabi Ibrahim AS, terhadap putranya, Ismail AS,  dengan memerintahkan untuk mengurbankan putra kesayangannya tersebut.  Namun ternyata kecintaannya pada Allah SWT melebihi apa pun yang ada di dunia termasuk putra kesayangannya. Di padang pasir yang tandus Ismail yang sholeh mendukung ketaatan ayahnya kepada Allah SWT dengan berserah diri siap dikurbankan. Karena ketaatannya itu lah dengan kuasa Allah SWT menggantikan Ismail dengan seekor domba gemuk yang sangat sehat. Masya Allah ......

Tahun ini perayaan Idul Adha di pesantren Nurul Fitri sedikit berbeda. Sebelum tanggal 10 Dzulhijjah 1440H, para santri menggelar perlombaan kaligrafi, rangking saru, puisi berantai, pidato 3 bahasa, nasyid dan ditutup dengan perlombaan takbir.

Sehari sebelum Idhul Adha para santri melaksanakan puasa sunnah Arafah. Kegiatan hari itu juga diisi dengan membersihkan lingkungan pondok pesantren dan persiapan pelaksanaan kurban keesokan harinya. Malam harinya diisi dengan  pawai obor mengelilingi kampung menggemakan takbir, Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar lailahailaallah waallahu akbar Allahu akbar walilah ilham, perasaan haru menyelimuti hati kami semua.


Pagi harinya semua bergegas menuju Masjid Al Hikmah untuk melaksanakan sholat Ied bersama. Dalam khutbahnya khatib mengingatkan kita pada ketaatan terhadap Allah SWT, Rab pencipta alam raya ini .
Selepas shalat ied, hewan qurban  telah menanti untuk disembelih. Alhamdulillah satu ekor sapi dan empat ekor domba titipan hamba Allah siap disembelih. Dibantu para santri, kegiatan penyembelihan dan pendistribusian  hewan kurban berlangsung lancar. Ada yang menarik di Idul Adha ini, para santri mengadakan lomba masak sate, keseruan yang luar biasa.

Begitulah kegiatan tahunan pondok pesantren Nurul Fitri dalam menyambut dan memperingati hari raya besar Islam Idul Adha. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan tahun ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya pada kita semua. 











Yayasan Nurul Fitri

Kepala Staff IT

Terimakasih Sudah Berkunjung Ke Website Kami, Untuk Segala Masukan Kami Sangat Menerima, Silahkan Hubungi IG Kami

0 komentar:

Post a Comment